CICERO DAN HUKUM ALAM

Posted: November 1, 2011 in File Hukum

Cicero merupakan salah satu tokoh Romawi yang banyak mengemukakan pemikirannya mengenai Hukum Alam, Ada 4 pertimbangan Cicero sehingga harus dimunculkan persepsi mengenai hukum alam yakni:

  1. Kondisi politik selama tahun terakhir di republic Romawi
  2. Karakter hukum Romawi  dan system administrasi di anggap tidak sesuai lagi dengan perkembagan
  3. Prinsip-prinsip dasr yang sangat bersifat filosofi
  4. Adanya beberapa pemahaman Cicero mengenai hukum alam`

Adapun kondisi politik di Romawi pada masa Cicero yakni awalnya dibentuk dasar – dasar ilmu hukum di Roma tapi pada saat yang sama hukum public dan hukum pemerintahan gagal. Oleh karena itu Roma memerlukan tokoh pembaharu mengenai penetapan hukum yang sesuai dengan Kultur budaya di Roma. Roma terlebih dahulu merupakan pemerintahan kota dan seiring perkembangan menjadi pemerintahan Nasional dan terus menerus mengikuti perkembangan pemerintahan di dunia , dulu Romawi merupakan sebuah republic seiring perkembangan berubah menjadi kekaisaran. Dari sinilah terjadi perpecahan dan terjadi perang hebat dalam usaha mengembalikan Roma kearah sebuah republic kembali.  Cicero sebagai orang yang sangat tidak setuju dengan kekerasan yang di mana merupakan cara roma dalm menyelesaikan segala permasalahannya ,oleh karena itu Cicero berjuang hingga akhir hayatnya untuk membawa roma kea rah yang lebih baik dan akan menjadi inspirasi untuk Negara republic di masa yang akan dating.

Cicero adalah seorang ahli hukum dari Romawi dan juga seorang negarawan. Faham yang dimiliki oleh Cicero banyak dipengaruhi oleh filsafat Yunani, khususnya teori-teori Socrates dan Kaum Stoa.

Cicero mengajarkan konsepnya tentang “a true law” (hukum yang benar) yang disesuaikannya dengan “right reason” (penalaran yang benar), serta sesuai dengan alam. Hukum apapun itu harus bersumber dari “true law” itu. Cicero  juga berpendapat kita lahir untuk keadilan dan hukum tidaklah didasarkan pada opini tetapi pada “man’s  very nature” .

Menurut Cicero, negara merupakan perkumpulan orang banyak yang dipersatukan melalui suatu aturan hukum berdasarkan kepentingan bersama, sehingga pengertian negara sebagai masyarakat moral sudah dilepaskan. Negara hanya merupakan masyarakat hukum, namun supaya benar dalam pelaksanaannya, Negara harus berpedoman kepada hukum alam dan memajukan kepentingan umum. Menurut Cicero hukum yang benar ‘a true law” adalah adanya kesesuaian antara akal “right reason” (Penalaran yang benar” dengan alam, hal ini merupakan kebutuhan universal, tidak berubah dan abadi (kekal).

Hukum yang benar akan memuat tentang perintah-perintah untuk melaksanakan kewajiban dan berpaling dari perbuatan jahat dan karangan-larangan. Tidak ada perbedaan antara masa sekarang dan  masa yang akan datang, tetapi tetap sama, abadi dan tidak berubah, hukum yang akan sesuai untuk semua bangsa dan setiap waktu. Tuhan yang mengatasi kita semua, Dia-lah  yang menciptakan hukum dan mengajarkannya kepada kita, sekaligus juga Dia bertindak sebagai Hakim, hukum yang sejati adalah akal yang benar, sesuai dengan alam, ia dapat dipergunakan secara universal, tidak berubah-ubah dan kekal.

Hukum alam bersifat menentukan tentang apa yang adil dan apa yang tidak adil di antara manusia dan diantara sesama makhluk di dunia. Karena alasan yang sama hukum alam itu harus bersifat abadi, yakni harus berlaku dimana-mana bagi semua orang/bangsa dan setiap waktu. Fahamnya Percaya adanya hukum alam yang merupakan dasar abadi dari hukum dan keadilan. Hukum alam merupakan wujud dari “perintah Tuhan” dengan sifat rasional dan sosial manusia, berlaku di mana pun, tetap dan mengikat semua orang dari semua bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s